Laman

Sabtu, 07 Januari 2012

Review Italy Pavilion in China

sehubungan dengan tugas kuliah gue yaitu kritik arsitektur dan lingkungan,maka tulisan gue kali ini ngebahas tentang "GREEN ARCHITECTURE" yang emang lagi hot-hotnya di Bumi kita tercinta ini.kebetulan gue dapet bahan yaitu bangunan "Italy Pavilion".

sebelum gue masuk kepokok bahasan gue mau share info :
  • PRINSIP-PRINSIP GREEN ARCHITECTURE:
    1. Hemat energi
    2. Memperhatikan kondisi iklim
    3. Penggunaan material bangunan dengan mempertimbangkan aspek perlindungan ekosistem dan sumber daya alam
    4. Tidak berimplikasi negatif terhadap kesehatan dan kenyamanan pengguna bangunan
    5. Merespon keadaan tapak dari bangunan
    6. Menerapkan/menggunakan prinsip-prinsip yang ada secara keseluruhan

oke sekarang masuk ke si bangunan  Italy Pavilion,bangunan ini terletak di daerah China. luas bangunannya lebih dari 7000meter persegi. gedung dibagi menjadi beberapa bagian. Di lantai dasar, disajikan ruang pameran yang bekerjasama dengan Triennale di Milano, meliputi 5 ruang pameran dan halaman tengah besar, menawarkan representasi, membuat pengunjung merasakan di dalam bangunan ini asli "Made in Italy".







Dari prinsip prinsip green architecture bangunan ini hemat energi untuk siang hari terutama menekan penggunaan listrik untuk lampu penerangan. bisa di lihat,bukaan yang tepat dan lebar mengarah langsung pada ruang display.








Penempatan bukaan juga sangat efisien pada posisi tangga ini,sangat tidak diperlukan listrik untuk ruang ini.













Dilihat dari aspek lingkungan/site bangunan, letaknya sangat strategis dimana ada space antar bangunan disekitarnya sehingga berdampak baik pada pencahayaan yang didapat.






















 



Dilihat dari potongan bangunan ini terdapat banyak bukaan disetiap bagian bangunan yang terpisah,mungkin ini fungsinya kenapa bangunan ini terbagi beberapa bagian.








ini adalah rahasia dibalik suksesnya konsep Green Architecture yang terdapat pada bangunan ini yaitu seluruh bangunan lapisi dengan Semen Transparan.










 Kesimpulan :
  • respon dari desain bangunan ini terhadap site sangat baik diliat dari review diatas  
  • terdapat banyak bukaan pada ruang ruang yang membutuhkan banyak cahaya
  • terdapat bukaan disetiap pembagian bagian bangunan
  • menggunakan material materil yang ramah lingkungan dan hemat energy.
  • Paviliun menggunakan pemurnian udara dan ubin keramik antibakteri.seluruh Paviliun dipahami sebagai "mekanisme" yang spesifik dengan fungsi ecoclimate dan perangkat menyimpan energi.Tirai dinding kaca yang terintegrasi dengan elemen photoelectronic dapat mengisolasi emisi,dan balok cahaya bangunan dapat mencakup semua daerah didalam paviliun,dan mencapai efisiensi energi juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar