Laman

Sabtu, 07 Januari 2012

Open Space Pada Kota

RUANG KOTA DAN RUANG TERBUKA
Bagian yang solid dari suatu kota adalah susunan masa atau bangunan kota. Dalam arsitektur ( kota ) elemennya tidak terbatas kepada bagian yang solid, tapi juga ruang ruang yang terbentuk oleh bagian yang solid tersebut, baik berupa jalan, taman atau lebih luas kepada seluruh ruang yang ada padanya. Jenis yang formal, yang dibentuk oleh façade bangunan dan pelataran kota di sebut urban space ( ruang kota ), sedang yang natural (informal) yang menyajikan alam (nature) didalam atau disekeliling kota disebut open space (ruang terbuka).Pada dasarnya suatu ruang kota adalah karakter yang dominan pada kota, baik segi kualitas ruangnya maupun aktifitas yang terjadi didalamnya. Pengertian ruang kota diperluas tidak hanya yang terbentuk oleh bangunan ( massa ) melainkan juga yang terbentuk oleh alam ( pohon, tebing, sungai
dan sebagainya ), pembicaraan mengenai ruang dikota akan mencakup keduanya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kota. Bentuknya bisa merupakan suatu koridor atau pulau persinggahan (taman,plaza,persimpangan dan sebagainya).Ruang ruang terbuka ( informal / open space) dapat memberi ciri lain kepada karakter yang alami dari kota, misalnya yang membentuk vista alami kearah pandangan bangunan, pendestarian, alam dan sebagainya.Pengertian RUANG TERBUKA KOTA adalah sebagai sistem tanah umum (system of public land) didalamnya termasuk jalan,sekolah, taman, ruang – ruang untuk bangunan umum yang tersusun dalam suatu jaringan kota.


oke mungkin agak panjang juga pembabaran artikel diatas,sekarang saya akan membahas / review mengenai ruang terbuka kota yang berada dilingkungan saya yaitu TAMAN KOTA BSD taman ini selain menjadi tempat resapan air namun juga taman ini dapat dinikmati oleh masyarakatnya karena berbagai fasilitasnya yang menunjang.letak taman ini pun strategis yaitu dekat dengan bagian utara dan selatan pemukiman komplek BSD.










 vegetasi ditaman ini sangat baik dapat dilihat rindangnya pepohonan ini yang dapat mengurangi polusi kota,juga kesejukan yang ada dapat merubah mood menjadi lebih baik sebgai user.








 adanya waduk ditaman ini sangat effective untuk daerah resapan maupun sebagai peredam panasnya sinar matahari disiang hari,sehingga user merasa nyaman.











diarea taman di fasilitasi oleh jogging treck,kids playground dan ruang terbuka yang dapat difungsikan untuk kegiatan olahraga atau berkumpul keluarga.







Keimpulan :
  • ruang terbuka kota tidak hanya berupa taman bisa juga jalan raya,pedestrian way,sekolah bahkan fasilitas kota lainya.
  • ruang terbuka kota sangat dibutuhkan karena ditempat ini bisa dijadikan sebagai tempat bersosialisasi masyarakatnya.
  • ruang terbuka kota juga dapat menjadi paru paru bagi kota tersebut,dengan menjadikannya taman hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar